Home Berita Lokal Target 77,5 Persen Pemilih, Pemerintah Sragen Perbolehkan ASN Ajak Warga ke TPS

Target 77,5 Persen Pemilih, Pemerintah Sragen Perbolehkan ASN Ajak Warga ke TPS

153
0

Kabupaten Sragen siap menghadapi Pileg dan Pilpres tahun 2019 dengan memberikan suasana yang aman, damai, dan sejuk kepada masyarakat. ASN di Kabupaten Sragen juga diperbolehkan ikut mengingatkan masyarakat agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi Forkopimda Sragen dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2019, bertempat di Rumah Makan Cengkir Gading, Selasa, 29 Januari 2019. Bupati Sragen – dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menjelaskan bahwa keterlibatan ASN pada sosialisasi pileg dan pilpres bertujuan untuk menggenjot target partisipasi pemilih dalam pemilu 2019 sebesar 77,5 persen. Dikatakan, ASN di Kabupaten Sragen rata rata juga menjadi ketua RT dan ketua RW di masyarakat, sehingga keterlibatan untuk menggerakkan masyarakat dalam berpartisipasi dalam pemilihan umum juga harus dilakukan. Pemerintah Kabupaten Sragen bersama Bawaslu dan KPU Sragen telah melakukan kesepakatan, ASN diperbolehkan bersosialisasi dengan menggunakan fasilitas umum, seperti menggunakan Toa di masjid untuk menggerakkan dan mengingatkan masyarakat yang belum datang ke TPS untuk mencoblos. Namun, Bupati mengingatkan bahwa sudah ada undang undang bahwa ASN harus netral. Sehingga sosialisasi yang dilakukan hanya untuk mengajak masyarakat ke TPS dan mensosialisasikan mekanisme pencoblosan.
Pada acara yang sama, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sragen – Dwi Budhi Prasetya menekankan ASN hanya boleh mengingatkan warga untuk datang ke TPS dengan menggunakan fasilitas umum. Dengan catatan, tanpa memberikan ajakan untuk memilih atau berpihak pada 1 pasangan calon. Ditekankan, Bawaslu telah menugaskan pengawas TPS untuk menjaga kecurangan, dalam rangka menciptakan netralitas pemilu. Bukan hanya ASN, tapi semua jabatan, termasuk TNI/Polri – Perangkat Desa – Kepala Desa – dan BPD.
Acara dihadiri Bupati Sragen, Wakil Bupati Sragen, Kapolres Sragen, Dandim 0725 Sragen, Perwira dari Yonif 408/Suhbastra Sragen, Bawaslu Sragen, dan KPU Sragen.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here