Home Berita Lokal Pemkab. Sragen Gelar Sosialisasi Dana Transfer Kepada Pemerintah Desa Tahun 2019

Pemkab. Sragen Gelar Sosialisasi Dana Transfer Kepada Pemerintah Desa Tahun 2019

126
0

Guna mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sragen, Senin, 18 Maret 2019, menggelar “Sosialisasi Dana Transfer Kepada Pemerintah Desa Tahun 2019 di Kabupaten Sragen”, di Pendopo Sumonegaran – Rumah Dinas Bupati Sragen. Kegiatan tersebut, dibuka oleh Bupati Sragen dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dihadiri Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno, SE, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekda. Sragen, Kepala OPD, Camat, dan Kepala Desa lingkup Pemerintah Kabupaten Sragen. Dalam laporannya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sragen Drs. Joko Suratno menyampaikan, tujuan dilaksanakan sosialisasi tersebut adalah agar Kepala Desa dapat mengetahui pengelolaan keuangan desa yang berdampak pada penyusunan laporan keuangan desa yang tepat waktu. Sehingga, tercipta pengelolaan keuangan yang baik, akuntabel, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Diharapkan, sosialisasi tersebut membawa manfaat yang besar dalam upaya mensejahterakan masyarakat seluruh desa yang ada di Kabupaten Sragen.

Bupati Sragen dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam sambutannya, menjelaskan, Dana transfer untuk Pemerintah Desa terdiri dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Bagi hasil pajak daerah, retribusi daerah serta Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Dana transfer untuk Pemerintah Desa di Kabupaten Sragen dari tahun ke tahun, mulai tahun 2015 hingga 2019 ini mengalami peningkatan. Sehingga, rentan terjadinya penyimpangan. Bupati berharap, dengan melibatkan Polres dan Kejaksaan Negeri untuk dapat memberikan pemahaman terkait dana transfer ke Pemerintah Desa. Bupati juga mengungkapkan, dana transfer untuk Pemerintah Desa bisa dilaksanakan dengan transparan dan akuntabel. Sehingga diharapkan, tidak akan terjadi penyimpangan dana transfer ke desa di Kabupaten Sragen, mulai dari Bupati hingga Kepala Desa/Lurah.

Sementara, narasumber dalam acara tersebut adalah Inspektur Inspektorat Kabupaten Sragen Dr. Wahyu Widayat, SH, MSi dengan materi “Pengelolaan Pertanggungjawaban Dana Transfer di Desa”, Kasat Reskrim Polres Sragen AKP. Harno yang menyampaikan materi “Methode dan Upaya Pencegahan serta Penanganan Permasalahan DD, ADD dan Bagi Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah”, serta dari Kejaksaan Negeri Sragen Langgeng Prabowo, SH dengan materi “Strategi Pencegahan Penyimpangan DD, ADD dan Bagi Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah”.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here