Home Berita Lokal Bupati Berikan Pembinaan Kepada 2.368 GTT dan PTT di Kabupaten Sragen

Bupati Berikan Pembinaan Kepada 2.368 GTT dan PTT di Kabupaten Sragen

98
0

Ribuan Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen, Senin, 15 April 2019 mendapatkan pembinaan oleh Bupati Sragen dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, yang digelar di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS) Sragen. Menurut data di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen, jumlah total GTT dan PTT di Kabupaten Sragen adalah 2.368 dengan rincian GTT 1.744 orang dan PTT 624 orang. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen Drs. Suwardi, MM, dalam laporannya mengatakan, mulai tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Sragen berkomitmen untuk memberikan apresiasi berupa bantuan kesejahteraan bagi GTT dan PTT di Kabupaten Sragen, meskipun dalam kondisi keuangan yang sangat terbatas. Besaran bantuan yang diterima oleh GTT sebesar 650 Ribu Rupiah per bulan, dan untuk PTT sebesar 400 Ribu Rupiah per bulan. Sehingga, anggaran yang dialokasikan untuk GTT dan PTT sebesar 19,5 Miliar Rupiah. Hal tersebut sebagai bentuk perhatian Pemerintah abupaten Sragen terhadap GTT dan PTT. Karena, guru sangat berperan penting dalam dunia pendidikan.

Sementara, Bupati Sragen dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam pengarahannya menyampaikan, Evaluasi ketenagaan atau kecukupan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidik di Kabupaten Sragen, yaitu, jumlah sekolah dan jumlah murid di Kabupaten Sragen apakah sudah sesuai dengan jumlah Guru yang ada. Disebutkan bahwa, Guru untuk TK Negeri prosentase angka kecukupannya mencapai 80 %, SD Negeri prosentase angka kecukupannya mencapai 63 %, dan tenaga guru SMP Negeri prosentase angka kecukupannya mencapai 84 %. Sehingga, untuk memenuhi tenaga pendidik agar bisa mengajar siswa dengan jumlah yang tidak sedikit, Pemerintah Kabupaten Sragen melakukan cara merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan non PNS, serta meningkatkan kinerja tenaga dan profesionalisme tenaga pendidik.

Diharapkan, dari Pembinaan GTT dan PTT di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen tersebut, tenaga pendidik bisa beradaptasi dan mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Sehingga ke depan, tatanan dunia pendidikan jauh lebih baik.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here