Home Berita Lokal Bawaslu Sragen Sampaikan Output Selama 2018

Bawaslu Sragen Sampaikan Output Selama 2018

206
0

Dalam rangka menunjang kegiatan pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sragen, mengadakan pertemuan bersama dengan Komisioner dan anggota Bawaslu, serta seluruh media, yang meliputi media cetak dan elektronik yang ada di Kabupaten Sragen. Hal tersebut, sebagai tindak lanjut evaluasi kinerja pada tahun 2018 dan untuk mendukung kinerja seluruh Divisi Bawaslu Kabupaten Sragen tahun 2019, yang berlangsung hari Jum’at, 04 Januari 2019, di Aula Bawaslu Kabupaten Sragen. Ketua Bawaslu Kabupaten Sragen Dwi Budhi Prasetya, S. Fil, I, saat dimintai keterangan mengatakan, maksud dari kegiatan tersebut adalah guna menyampaikan out put kinerja masing-masing Divisi yang ada di Bawaslu Kabupaten Sragen selama tahun 2018, mulai dari Divisi SDM, Divisi Penindakan Pelanggaran, Divisi Pengawasan, serta Divisi Hukum, Data dan Informasi. Dimana, Divisi SDM yang menyatakan komposisi personil yang ada di tingkat Kecamatan, diantaranya, Panwascam dan PPDK. Divisi Penindakan Pelanggaran, terkait dengan berapa banyak kasus yang ditangani, kemudian untuk Divisi Pengawasan menyampaikan tentang pengawasan daftar pemilih, pengawasan pencalonan, dan pengawasan kampanye. Sedangkan, pada Divisi Hukum, Data dan Informasi menyampaikan terkait dengan produk-produk hukum, dan aturan-aturan yang sudah disampaikan kepada partai politik, calon legislatif maupun tim pemenangan. Sementara, menanggapi adanya berita-berita hoax yang terjadi saat ini, Dwi Budhi Prasetya, S. Fil, I mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat. Dijelaskan, bahwa Pemilu 2019 harus terbebas dari politik uang, politik sara dan berita hoax. Dwi Budhi Prasetya, S. Fil, I berpesan, bagi masyarakat yang menerima sebuah berita, jangan langsung meyebarluaskan dulu. Namun, harus menyaring dan mencari kebenarannya terlebih dahulu. Selain itu, Bawaslu juga melakukan sosialisasi melalui door to door, grebek pasar maupun ke sekolah-sekolah, serta bekerjasama dengan admin-admin media sosial.
Lebih lanjut, Dwi Budhi Prasetya, S. Fil, I menyampaikan, Pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019, diharapkan kepada masyarakat untuk berperan aktif datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyampaikan aspirasinya. Apabila selama proses sebelum maupun sesudah pencoblosan terjadi dugaan pelanggaran-pelanggaran dihimbau untuk menghubungi pengawas pemilu, agar segera ditindak lanjuti.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Koordinator Divisi SDM Bawaslu Kabupaten Sragen Edy Suprapto, SE, M.Si, Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Sragen Drs. Widodo, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Sragen Raras Mulatsih Dwi Kristiani, S.Pd, dan Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Sragen Khoirul Huda, SE.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here