Home Berita Lokal Bawaslu Sragen Buka Rekrutmen 3.360 Pengawas TPS

Bawaslu Sragen Buka Rekrutmen 3.360 Pengawas TPS

274
0

Jelang pesta demokrasi lima tahunan yang jatuh pada tanggal 17 April 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sragen membuka pendaftaran sebagai Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Sragen. Koordinator Divisi SDM Bawaslu Kabupaten Sragen Edy Suprapto, SE, M.Si menyampaikan, perekrutan Pengawas TPS tersebut, dilaksanakan serentak di Jawa Tengah mulai pertengahan bulan Februari 2019. Di Kabupaten Sragen, Bawaslu Sragen merekrut sebanyak 3.360 Pengawas TPS. Terkait kebutuhan jumlah Pengawas TPS tersebut, disesuaikan dengan jumlah TPS di masing-masing Kecamatan. Pengumuman pendaftaran dapat dilihat di seluruh Kecamatan di Kabupaten Sragen. Untuk pendaftaran, penerimaan, penelitian berkas administrasi dan wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 21 Februari 2019. Mereka yang lolos administrasi dan wawancara, akan diumumkan pada tanggal 27 Februari sampai dengan 1 Maret 2019. Namun, jika dalam satu Kelurahan atau Kecamatan masih kekurangan pendaftaran, maka pendaftaran akan diperpanjang antara tanggal 22 hingga 24 Februari 2019 dan pengumuman bagi pendaftar yang diterima akan diumumkan tanggal 8 hingga 12 Maret 2019. Sementara, pelantikan Pengawas TPS akan dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2019.
Lebih lanjut Edy Suprapto, SE, M.Si mengatakan, pengawas TPS memiliki beberapa tugas. Tugas tersebut, meliputi, pengawasan pada persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, memastikan pemungutan suara di TPS sesuai dengan regulasi, mencegah terjadinya money politik di lingkungan TPS, dan menindaklanjuti terjadinya penyimpangan ataupun pelanggaran-pelanggaran di lingkungan TPS.
Adapun syarat untuk mendaftar sebagai pengawas TPS, yakni, WNI, berusia minimal 25 tahun, setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945. Selain itu, mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur dan adil. Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan Penyelenggaraan Pemilu, serta berpendidikan paling rendah SMA atau sederajat.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here