Wisata Batik Kliwonan Sragen

0
769
views

WISATA BATIK KLIWONAN

Batik Khas Sragen

Batik Sragen awal mulanya identik dengan batik Surakarta, karena sebagian besar pionir batik Sragen pernah bekerja sebagai buruh batik di Surakarta. Namun, lambat laun batik Sragen memiliki ciri khas yang berbeda dari batik kota lainnya. Batik Sragen lebih kaya dengan Ciri Khas Sragen, seperti Parang, Gading, Pari, dan Manusia Purba.

Para perajin batik di Wisata Batik Kliwonan biasa menuangkan karyanya ke berbagai jenis kain antara lain sutera, katun dan primisma. Perajin umumnya masih memproduksi batik dengan teknik tulis, namun ada juga beberapa yang menggunakan teknik cap, printing maupun kombinasi.

Di desa Wisata Batik Kliwonan, anda dapat melihat proses membatik dan belajar membatik selama tiga jam secara mendalam. Bagi anda yang berminat tinggal lebih lama, di tempat ini telah disediakan beberapa homestay. Anda dapat mendalami proses membatik , Anda bisa mencoba menggoreskan canting diatas kain mori, mencelup dan mewarnai kain hingga penjemuran.

Cindera Mata

Bagi Anda yang mengunjungi Desa Wisata Batik Kliwonan, tidak lengkap tanpa membawa pulang cinderamata khas kawasan ini. Banyak pilihan cinderamata yang dapat dibeli, antara lain : batik dengan kualitas biasa hingga tinggi dengan harga yang murah, kerajinan kain perca batik berupa tas, dompet, bantal. Kerajinan gerabah ndeso yang terbuat dari tanah liat, dan kerajinan sangkar burung dari bambu.

Rute Menuju Desa Wisata Batik Kliwonan

Untuk mencapai lokasi desa wisata ini dapat dilakukan dengan melewati berbagai jalur, antara lain:

  1. Pintu masuk di Gronong (Perbatasan Kabupaten Sragen dan Karanganyar), melalui jalan raya Solo – Sragen masuk ke utara hingga Desa Sidodadi – Kliwonan
  2. Pintu masuk Masaran, dari Masaran melalui jalan kabupaten menuju Desa Pilang – Kliwonan
  3. Dari objek wisata Museum Purbakala Sangiran melalui jalan kabupaten menuju kota Kecamatan Plupuh – Desa Gedongan – menyeberangi jembatan gantung menuju Desa Kliwonan.

Harga Tiket Wisata Desa Wisata Batik Kliwonan

Untuk masuk ke Desa Wisata Batik Kliwonan, anda tidak dipungut biaya alias gratis.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, antara lain area parkir, showroom, homestay, musholla dan toilet.

 

 

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here