Tips Beradaptasi Dengan Tempat Kerja Baru

0
313
views

TipsĀ  Beradaptasi Dengan Tempat Kerja Baru

Untuk anda yang baru memasuki tempat kerja yang baru atau anda baru saja memperoleh pekerjaan selepas lulus kuliah, anda akan menghadapi dunia baru dan juga perubahan iklim kerja, perubahan lingkungan pertemanan dengan rekan kerja, bos baru, tanggung jawab baru, gaji baru, serta kemungkinan akan tantangan baru.

Berikut tips untuk anda yang baru memasuki tempat kerja baru :

  1. Datang tepat waktu

Usahakan anda datang minimal 15 menit sebelum jam kerja sehingga Anda tidak terburu-buru dan terlambat masuk di tempat kerja yang baru pada hari pertama kerja. Demikian juga untuk hari berikutnya. Dengan demikian menjadi nilai plus tersendiri bagi anda di tempat kerja anda.

  1. Bersikap Sopan Kepada Semua Orang

Tidak terlalu merasa minder saat berpapasan dengan bos atau manajer Anda. Sapalah dengan sopan sambil sedikit berbasa-basi. Juga bersikap sopan terhadap semua orang baru yang Anda temui, paling tidak jika berpapasan, usahakan berikan senyuman terbaik Anda. Mungkin di hari pertama bekerja, anda merasa kurang nyaman memulai interaksi dengan orang-orang yang masih asing. Namun dengan bersikap sopan terhadap semua orang, peluang Anda meraih hubungan baik dengan rekan kerja pun meningkat.

  1. Pelajari Etika dan Budaya Kerja Di Tempat Baru

Setiap kantor atau tempat kerja punya etika dan budayanya masing-masing yang harus anda pelajari di hari pertama pekerjaan anda. Ada hal-hal khusus yang harus anda ketahui sehingga anda dapat beradaptasi dengan semua personil lainnya di tempat itu.

  1. Tunjukkan Semangat Bekerja

Seberat apapun pekerjaan dan tanggung jawab yang anda pegang di tempat kerja yang baru tidak boleh menyurutkan semangat kerja anda. Usahakan untuk tidak menunjukkan rasa lesu, lelah dan tidak bersemangat. Tunjukkan konsistensi dan eksistensi anda di kantor yang baru tersebut dengan semangat bekerja yang tinggi.

  1. Santai

Sebenarnya sedikit nervous menandakan bahwa anda peduli dan menginginkan hasil yang terbaik untuk performa anda di kantor baru. Tetapi terlalu gugup justru anda tidak akan bisa berkomunikasi dan tidak dapat melakukan pekerjaan anda dengan baik . Tarik nafas dalam jika rasa gugup mulai menghinggapi anda.

  1. Memaksimalkan Masa Percobaan

Sebagai pegawai baru, mayoritas kantor menerapkan masa percobaan atau probation yang rata-rata berlangsung selama tiga bulan. Performa anda mulai diawasi. Ketika interview, anda bisa menyebutkan kelebihan diri anda, dan kelebihan tersebut harus benar-benar anda buktikan ketika masa percobaan. Lakukan pekerjaan anda sebaik mungkin, perhatikan segala sesuatunya agar tidak perlu bertanya berulang kali, dan jangan ragu memberikan pendapat dalam diskusi.

  1. Menghindari Komplain

Selama minggu-minggu pertama Anda bekerja di tempat baru, pasti ada yang membuat tidak nyaman, sehingga mungkin Anda membanding-bandingkannya dengan perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. Berbagai komplain tersebut sebaiknya Anda simpan dan tidak dijadikan pembicaraan dengan rekan kerja baru anda, karena hal tersebut akan membuat anda memperoleh nilai negatif dari tempat kerja baru anda. Lebih baik pikirkan hal-hal yang baik di kantor anda yang baru.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here