Sragen Menjadi Lokasi Pelaksanaan Tes SKB pada 4-11 Desember 2018

0
359
views

Kabupaten Sragen kembali dipilih sebagai lokasi pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) 9 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang akan dilaksanakan di GOR Diponegoro, Kabupaten Sragen pada tanggal 4 sampai dengan 11 Desember 2018 mendatang. Saat ditemui di ruang Kerjanya, Senin, 26 November 2018, Kabid. Perencanaan, Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Aparatur – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sragen Dwi Agus Prasetyo, SSTP, M.Si, menjelaskan, semula tes SKB akan digelar di Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yogyakarta. Setelah turun Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN dan RB) Nomor 61 Tahun 2018 tentang Optimalisasi Pemenuhan Kebutuhan/Formasi Pegawai Negeri Sipil Dalam Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, kebijakan tersebut berbeda, dikarenakan jumlah peserta SKB yang lebih banyak. Sehingga, BKN kembali menunjuk Kabupaten Sragen sebagai lokasi pelaksanaan tes SKB. Dwi Agus Prasetyo, SSTP, M.Si menambahkan, diperkirakan jumlah maksimal peserta SKB sebanyak 11.796 orang dari 9 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, diantaranya, Kabupaten Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, Boyolali, Kota Surakarta, Kabupaten Blora, Grobogan, dan Rembang. Sementara, Kabupaten Klaten yang sempat bergabung di GOR Diponegoro, Sragen saat pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), kemudian dialihkan ke Kantor Regional (Kanreg) BKN Yogyakarta, karena jaraknya lebih dekat.
Lebih lanjut, Dwi Agus Prasetyo, SSTP, M.Si mengatakan, untuk Provinsi Jawa Tengah ada 4 Kabupaten/Kota yang ditunjuk sebagai lokasi tes SKB, yakni, Sragen, Srondol Semarang, Purwokerto dan Kudus. Dipilihnya Kabupaten Sragen oleh BKN sebagai lokasi pelaksanaan SKB, karena dalam pelaksanaan SKD beberapa waktu lalu, dinilai berhasil dan lancar dengan fasilitas yang nyaman dan memadai serta selesai tepat waktu. Nantinya, belasan ribu peserta tes SKB tersebut direncanakan selama 8 hari, dalam sehari dilaksanakan lima sesi tes, dan per sesi disediakan 400 laptop. Dwi Agus Prasetyo, SSTP, M.Si berharap, pelaksanaan tes SKB di Kabupaten Sragen bisa berjalan dengan lancar, sampai selesainya tes SKB tidak ada halangan. Sehingga, sukses untuk pelaksanaan tes SKB, baik hasilnya untuk mendapatkan PNS yang berkualitas maupun kenyamanan dalam pelaksanaan tes SKB di Kabupaten Sragen.
Dengan adanya kebijakan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN dan RB) Nomor 61 Tahun 2018 tersebut, memberi peluang kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang tidak memenuhi nilai ambang batas atau passing grade SKD dengan mekanisme perangkingan.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here