Home Berita Lokal Peringati “Hari Peduli Autis Sedunia”, PLABK Sragen Gelar Sosialisasi dan Talkshow

Peringati “Hari Peduli Autis Sedunia”, PLABK Sragen Gelar Sosialisasi dan Talkshow

131
0

Dalam rangka memperingati “Hari Peduli Autis Sedunia”, Pusat Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (PLABK) Kabupaten Sragen menggelar “Sosialisasi PLABK dan Talkshow” dengan tema “Merangkul Anak Super Meraih Cita-Cita”. Acara berlangsung hari Rabu, 10 April 2019, di Ruang Sukowati – Setda. Kabupaten Sragen, dihadiri Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno, SE, Ketua Tim PKK Kabupaten Sragen Retna Susanti Dedy Endriyatno, S.Pd, serta Kabid. Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah DR. Padmaningrum, SH, M. Pd. Dalam laporannya, Koordinator PLABK Kabupaten Sragen Indarwa, S.Pd selaku Ketua Panitia menyampaikan, tujuan acara tersebut adalah agar Kabupaten Sragen menjadi Kota yang ramah lingkungan anak, baik di lembaga pendidikan, keluarga maupun masyarakat. Sehingga, tidak ada satupun anak di Sragen yang tidak terlayani tentang pendidikan. Selain itu, adanya keprihatinan, masih ada beberapa anak yang mempunyai keterlambatan dan hambatan emosional tingkah laku, karena anak di kurung di dalam rumah dan adanya fasilitas seperti televisi, game, gadget atau hp yang diberikan oleh orang tuanya, membuat anak menjadi kuper (kurang pergaulan) dan dikucilkan dari lingkungannya. Sehingga, anak kurang berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

Sementara, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno, SE mengatakan, kita tahu bahwa di dunia ini banyak orang-orang hebat dengan keterbatasan. Jika orang-orang hebat dengan kesempurnaan itu biasa saja. Namun, orang-orang hebat dengan keterbatasan itu jauh lebih hebat dan berprestasi. Karena, di tengah keterbatasan tersebut bisa memberikan motivasi pada orang lain untuk berjuang meraih cita-cita. Wakil Bupati juga memaparkan, sampai saat ini Autis belum diketahui penyebabnya. Karena, Autis menurut Wakil Bupati merupakan gangguan neurologi pada otak. Sehingga, menyebabkan anak kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi serta berbaur dengan lingkungannya. Di akhir sambutannya, Wakil Bupati mengajak seluruh tamu undangan untuk bulatkan tekad terhadap Autis. Paling tidak kita memahami tentang Autis dan memberikan semangat kepada penderita Autis, karena mereka juga membutuhkan kasih sayang dan perhatian, butuh kesempatan bermain, dan belajar.

Dalam kesempatan tersebut, juga ditampilkan kesenian berupa tari, musik angklung dan puisi dari anak-anak berkebutuhan khusus. Sedangkan talkshow dalam acara tersebut menghadirkan                  Kabid. Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah DR. Padmaningrum, SH, M. Pd dengan topik “Kebijakan Pendidikan Khusus di Provinsi Jawa Tengah” dan Tri Sumarni, SE Penulis Buku “Super Anggita” dan “Super Happy Little Show”.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here