Home Berita Lokal Pemkab. Sragen Gelar Bimtek Tahap I Penyusunan Masterplan Sragen Smart City

Pemkab. Sragen Gelar Bimtek Tahap I Penyusunan Masterplan Sragen Smart City

293
0

Pemerintah Kabupaten Sragen melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sragen, menggelar “Bimbingan Teknis (Bimtek) Sragen Smart City Tahap I”, yang berlangsung di Ruang Sukowati – Setda. Kabupaten Sragen pada hari Senin, 1 Juli 2019. Kegiatan yang dibuka Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati tersebut, dihadiri Sekda. Kabupaten Sragen Drs. Tatag Prabawanto, B, MM, Kepala Organisasi Daerah (OPD), Kepala Desa/Kelurahan beserta Operator IT di lingkup Pemkab. Sragen,Tim Pembimbing dan Pendamping dari Kementerian Kominfo, Tim Dewan Sragen Smart City, Tim Pelaksana Sragen Smart City dan stake holder terkait. Dalam laporannya, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sragen Dra. Yuniarti, MH mengatakan, dasar kegiatan Bimtek adalah Nota kesepahaman antara Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI dengan Pemkab. Sragen tentang Gerakan Menuju 100 Smart City yang telah ditandatangani pada tanggal 15 Mei 2019. Sedangkan, maksud dan tujuannya adalah mendukung Program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kominfo RI tentang Gerakan 100 Smart City, menciptakan integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara perencanaan pengembangan Smart City di tingkat pusat dan daerah, serta penyusunan Masterplan Sragen Smart City dan penentuan quick win program unggulan Kabupaten Sragen.

Sementara, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam sambutannya berharap, kegiatan Bimtek tersebut menjadi dasar untuk membuat masterplan menuju Sragen Smart City, dan bisa selesai dengan baik. Sehingga, Sragen bisa menjadi salah satu dari 100 Kabupaten/Kota yang digadang-gadang menjadi Kabupaten dengan konsep Smart City. Melalui seleksi yang diselenggarakan Pemerintah Pusat beberapa waktu lalu, akhirnya Kabupaten Sragen terpilih mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City. Bupati menjelaskan, Pemkab. Sragen telah memulai Smart City dari beberapa tahun yang lalu. Dimana, konektivitas jaringan dimulai dari tingkat atas hingga tingkat desa. Dengan Smart City tersebut, dapat memudahkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memudahkan untuk bekerja dengan cara saling konektivitas antar dinas.

Berdasarkan nota kesepahaman Kementerian Komifo RI dan Pemkab. Sragen, kegiatan Bimtek dilaksanakan selama 4 tahap. Untuk tahap pertama, dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 1 sampai dengan 2 Juli 2019. Untuk Bimtek tahap kedua, ketiga dan keempat, akan dilaksanakan pada bulan-bulan berikutnya.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here