Manfaat Mineral Bagi Kesehatan Tubuh

0
535
views

Manfaat Mineral Bagi Kesehatan Tubuh

Apa itu mineral?

Mineral adalah padatan senyawa kimia homogen, non-organik, yang memiliki bentuk teratur (sistem kristal) dan terbentuk secara alami. Istilah mineral termasuk tidak hanya bahan komposisi kimia tetapi juga struktur mineral. Mineral termasuk dalam komposisi unsur murni dan garam sederhana sampai silikat yang sangat kompleks dengan ribuan bentuk yang diketahui (senyawaan organik biasanya tidak termasuk). Mineral adalah sebuah zat yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, termasuk manusia. Mineral ini sendiri terdiri dari berbagai macam zat lain yang menyusunnya, misalnya yang paling terkenal adalah zat besi, kalsium, dan yodium. Selain itu juga boron,kromium , magnesium , iodida , fosfor , mangan , tembaga , kalium , selenium , silicon , sodium , dan zinc.

Fungsi Mineral bagi Tubuh Manusia

  1. menjaga kesehatan tulang

Zat-zat yang terkandung dalam mineral membuat gigi dan tulang tidak gampang keropos. Contoh makanan yang kaya mineral adalah sayuran hijau seperti kangkung, sawi, dan bayam.

  1. Mencegah gangguan pada otot

Seseorang yang terlalu sedikit mengkonsumsi mineral akan sering mengalami lemas otot, atau nyeri otot.

  1. Membantu pembentukan hemoglobin

Mineral membantu proses pembentukan hemoglobin atau sel-sel darah merah. Oleh karena itu, bila seseorang terkena sakit anemia, dianjurkan untuk banyak makan makanan yang bermineral.

  1. Kecantikan kulit

Dalam proses mempercantik kulit, vitamin bekerja sama dengan mineral untuk menjaga kesehatan kulit seseorang. Agar kulit selalu sehat, disarankan untuk memakan buah pepaya karena pepaya mengandung vitamin dan mineral yang kompleks.

  1. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Mineral berfungsi mengatur dan membatasi jumlah cairan yang keluar masuk pembuluh darah.

  1. Memelihara fungsi otak

Sebagai organ vital dalam tubuh, otak membutuhkan banyak asupan nutrisi. Salah satu zat yang dapat menjaga kesehatan otak adalah mineral.

Makanan yang Banyak Mengandung Mineral

IkanTuna, Buah pisang, Hati sapi, Ikan salmon, Sayur bayam, Seafood, Kacang mete, Susu, Jeruk, Kedelai, Tempe, Delima, Manggis, Alpukat, Kiwi, Jambu, Semangka, Seledri, Kubis.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here