Karismapawirogo Lakukan Penandatangan Bersama Di Bidang Sosial dan Trantib

0
19
views

7 Kabupaten yang tergabung dalam KARISMAPAWIROGO, yaitu, Kabupaten Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Magetan, Pacitan, Ngawi dan Ponorogo, Kamis, 02 Agustus 2018 melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama KARISMAPAWIROGO dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama di Bidang Kesejahteraan Sosial dan Bidang Penegakan Perda serta Penanganan Gangguan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat di Wilayah Perbatasan. Acara tersebut berlangsung di Pendopo Sumonegaran – Rumah Dinas Bupati Sragen. Pada kesempatan tersebut, Ketua Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD) Karismapawirogo sekaligus Sekda. Kabupaten Pacitan Drs. Sukowiyono, MM, menyampaikan, dengan adanya penandatanganan tersebut, berbagai masalah di bidang sosial dan Trantib bisa diselesaikan bersama. Misalnya, di bidang sosial adanya masalah gelandangan dan pengemis (Gepeng) maupun orang gila, terkadang penyelesaiannya tidak manusiawi. Sehingga, melalui kerjasama tersebut bisa disikapi dengan arif dan bijaksana, tidak dengan tindakan semena-mena. Sedangkan masalah di bidang keamanan dan ketertiban, misalnya, kegiatan pemadaman kebakaran. Jika terjadi kebakaran pada salah satu wilayah, bisa diatasi secara cepat, karena di dukung oleh armada dengan jumlah yang banyak.
Sementara itu, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno, SE, mengungkapkan, dengan adanya pertemuan tersebut dapat menguatkan kembali persahabatan dan kerjasama antar daerah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur melalui penandatanganan se-Karismapawirogo. Lebih lanjut, Wakil Bupati mengatakan, kegiatan tersebut, merupakan bagian dari kerjasama daerah di wilayah perbatasan. Diharapkan, dengan adanya kerjasama dapat memperkuat karakter wilayah dalam rangka menaikkan jenjang, dari yang dipandang menengah menjadi di pandang atas. Tidak hanya dipandang pada sisi geografi dan demografi. Namun, juga dipandang oleh bangsa-bangsa lain sebagai bangsa besar, melalui sisi ekonomi, sosial maupun budaya.
KARISMAPAWIROGO merupakan salah satu bentuk kerjasama antar daerah yang bertujuan untuk mensinergikan penyelenggaraan pemerintahan, program-program pembangunan dan pelayanan masyarakat dalam upaya memberikan manfaat bagi kesejahteraan rakyat serta memelihara persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here