DPU-PR Sragen Tinjau Irigasi Pertanian di Lahan Persawahan Sragen

0
24
views

Menindak lanjuti laporan masyarakat petani beberapa waktu lalu kepada Bupati Sragen, yang mengeluh tentang kurangnya air di Kabupaten Sragen, khususnya bagi para petani pada Masa Tanam (MT-III) saat ini, dan petani khawatir tidak bisa panen, sehingga, Bupati meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU – PR) Kabupaten Sragen untuk bertemu dan berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Sukoharjo maupun Karanganyar, agar air dialirkan ke wilayah Sragen. Dari hasil pertemuan tersebut, Kepala DPU – PR Kabupaten Sragen Marija, ST, MT, MM bersama tim pada hari Rabu, 01 Agustus 2018, melakukan peninjauan langsung ke aliran irigasi di areal persawahan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Tirto Bawono di Desa Tangkil, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen. Saat ditemui disela-sela tinjauan, Kepala DPU – PR Kabupaten Sragen Marija, ST, MT, MM menyampaikan rasa syukur, karena air sudah bisa dialirkan di wilayah Sragen, dengan debit 15 Ribu meter Kubik. Irigasi tersebut dialirkan secara bergilir. Dimana sebelumnya, aliran air untuk irigasi pertanian sudah dialirkan di Kecamatan Masaran, dan Kecamatan Karangmalang. Lebih lanjut dikatakan, untuk Kecamatan Sragen, selain di Desa Tangkil, aliran air dialirkan di areal persawahan di Desa Kedungupit, Kelurahan Karangtengah dan Kelurahan Nglorog. Diharapkan, petani bisa bertani dengan baik dengan adanya air yang terbatas tersebut, dan tidak terjadi gagal panen pada MT-III ini.
Sementara itu, Kepala Desa Tangkil Agus Sriyanto, SE mengatakan, karena Desa Tangkil merupakan kawasan sawah lestari, sehingga pada Masa Tanam (MT) I, II, dan III, petani di Desa Tangkil dan sekitarnya menanam padi. Dalam artian, saluran irigasi untuk persawahan sangat membantu dalam menopang swadaya dan ketahanan pangan. Pemerintah Desa Tangkil menginginkan pengelolaan dari hulu ke hilir dapat ditangani dengan baik. Agus Sriyanto, SE menyampaikan, atas nama Pemerintah Desa Tangkil, P3A, petani dan masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sragen melalui DPU – PR Kabupaten Sragen dan pihak terkait yang dengan cepat merespon keluhan masyarakat. Diharapkan, dengan lancarnya aliran air untuk irigasi pertanian di Desa Tangkil dan sekitarnya bisa menyelamatkan 402 Hektar lahan sawah yang sedang memasuki MT-III, agar tidak gagal panen.
Setelah melakukan tinjauan di areal persawahan P3A Tirto Bawono di Desa Tangkil dan sekitarnya, Kepala DPU–PR Kabupaten Sragen bersama tim, selanjutnya melakukan tinjauan di lahan persawahan di Kelurahan Nglorog dan Kecamatan Ngrampal.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here