Bupati Buka Bursa Inovasi Desa Kabupaten Sragen 2018

0
70
views

Dalam rangka mewujudkan Desa yang maju, mandiri dan sejahtera, Pemkab. Sragen melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sragen menyelenggarakan “Bursa Inovasi Desa, Program Inovasi Desa (PID) Kabupaten Sragen Tahun 2018”. Acara tersebut dibuka oleh Bupati Sragen dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Senin, 05 November 2018, di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS) Kabupaten Sragen. Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Dalam laporannya, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sragen Jumintarsih, S.Sos menyampaikan, maksud kegiatan tersebut adalah untuk menyediakan layanan konsultasi bagi Pemerintah Desa dalam mengembangkan inovasi pembangunan di Desa. Sedangkan tujuannya, yaitu, melalui kerjasama tersebut dapat meningkatkan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan referensi dan praktek kerja dalam pembangunan desa. Diharapkan, dengan adanya kegiatan tersebut, Pemerintah Desa dapat membuat komitmen dan menuangkan komitmen dalam APBDes tahun 2019 serta sebagai Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) yang siap memberikan layanan bagi Pemerintah Desa.
Sementara, Bupati Sragen dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, dalam Bursa Inovasi Desa tersebut, sebagian besar bahkan 90% produk inovasi yang ditampilkan, yakni, produk makanan. Bupati menjelaskan, sebenarnya yang namanya inovasi bukan hanya kualitas produk makanan saja, namun, inovasi banyak ranahnya. Bupati berharap, muncul inovasi-inovasi yang kreatif di Kabupaten Sragen, Satu Desa Satu Inovasi. Tahun 2019, fokus utama Pemkab. Sragen adalah terwujudnya Kabupaten Sragen sebagai Smart City. Untuk itu, semua desa harus bisa mengembangkan Informasi Teknologi (IT). Sehingga diharapkan, bisa mendorong percepatan guna menunjukkan sebagai kota yang sudah mempunyai IT yang baik. Masing-masing Desa harus membuat website, dan membuat profil desa yang nantinya bisa diakses melalui internet. Karena, media yang tepat dan murah saat ini adalah melalui media online. Bupati mengajak seluruh Kepala Desa di Kabupaten Sragen untuk menggunakan teknologi informasi yang sudah dibangun sejak tahun 2001 tersebut, serta memperbaiki dan mempertegas kembali jaringan yang ada di desa-desa.
Pada kesempatan tesebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan permodalan untuk BUMDes dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi Desa Tahun 2018 kepada 10 Desa di Kabupaten Sragen masing-masing mendapatkan 50 Juta Rupiah. Diantaranya, Desa Duyungan, Kecamatan Sidoharjo, Desa Gawan, Kecamatan Tanon, Desa Japoh, Kecamatan Jenar, Desa Jetis Karangpung, Kecamatan Kalijambe, Desa Bendo dan Juwok, Kecamatan Sukodono, Desa Jabung, Kecamatan Plupuh, Desa Pelemgadung dan Puro, Kecamatan Karangmalang, serta Desa Tangkil, Kecamatan Sragen.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here