Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan

0
522
views

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Pencegah kanker

Melawan zat kanker merupakan salah satu manfaat utama dari Vitamin C. Vitamin C didaulat sebagai sebuah zat Vitamin yang merupakan racun bagi penyakit kanker tersebut. Beberapa wanita yang banyak mengkonsumsi makanan mengandung vitamin C dari buah-buahan atau sayur (bukan dalam bentuk suplemen), memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

  1. Memperbaiki jaringan sel kulit

Vitamin C mengandung antioksidan yang banyak yang juga dibutuhkan oleh kulit, di mana antioksidan berfungsi untuk menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat terkena paparan sinar matahari dan polusi udara, sehingga vitamin C dapat membantu menghambat sel-sel yang menjadi tanda dari penuaan dan dapat mencegah penuaan dini.

  1. Meningkatkan mood

Kekurangan Vitamin C ternyata dapat mengakibatkan ketidakstabilan mood pada seseorang. Pada umumnya jika seseorang memiliki kecenderungan kearah kekurangan Vitamin C maka orang tersebut akan menjadi orang yang mudah khawatir dan cepat gelisah.

  1. Menurunkan resiko terjadinya serangan jantung

Vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya serangan jantung karena saat kandungan Vitamin C meningkat atau stabil maka pembuluh darah arteri pada jantung tidak akan menebal dengan sendirinya. Pembuluh darah arteri yang menebal inilah yang menjadi penyebab utama dari adanya penyakit serangan jantung.

  1. Mencegah naiknya tekanan darah

Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran yang mengandung Vitamin C ternyata dapat membantu pengontrolan tekanan darah pada tubuh kita. Dengan adanya tingkat kestabilan dari tekanan darah kita maka resiko penyakit darah tinggi atau hipertensi, darah rendah atau anemia, dan penyakit stroke serta penyakit yang disebabkan oleh ketidakstabilan tekanan darah akan menurun.

  1. Mencegah diabetes

Vitamin C mampu untuk menurunkan kadar gula yang terdapat dalam tubuh dan dapat mencegah efek buruk dari diabetes pada penderitanya. Ganti camilan manis dengan buah jeruk atau sumber lainnya yang mengandung vitamin C.

 

Takaran Vitamin C yang Tepat bagi Tubuh

Berlebihan atau kekurangan vitamin C juga tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu, diperlukan takaran yang tepat. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan hanya cukup 45 mg per hari. Takaran yang tepat dapat memebrikan fungsi vitamin C yang maksimal. Setengah cangkir atau 125 ml jus jeruk mengandung sekitar 50 mg vitamin C yang cukup untuk asupan per hari. Sumber vitamin C yang baik berasal dari buah, sayuran dan juga jus, yakni pada kiwi, paprika, stroberi, kubis, dan brokoli.

 

Gejala kekurangan vitamin C

Kulit kering, Kekurangan darah merah (anemia), Kehilangan nafsu makan, sering Kram pada otot, Rambut bercabang, Gusi berdarah .

Sedangkan kelebihan vitamin C ditandai dengan Diare dan meningkatnya asam lambung.

 

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here